Kamis, 12 November 2015

BAHASA INDONESIA 1

NAMA    : IRFA ELINA KARIM
NPM        :14113469
KELAS    :3KA27



1.  Ada pepatah mengatakan bahwa “Bahasa itu lebih tajam dari sebilah pedang”. Apa maksud pepatah tersebut? Jelaskan
Maksud dari pepatah “Bahasa itu lebih tajam dari sebilah pedang” adalah, jika kita hidup didalam masyarakat dan tidak mengerti sifat dari orang tersebut. Maka kita hendaknya menjaga tutur bicara, karena manusia mempunyai akal fikiran yang bisa digunakan untuk memikirkan perkataan yang baik dan mana yang buruk. Sebab jika kita salah berbicara dan perkataan kita bisa membuat orang sakit hati, orang tersebut akan selalu mengingat ucapan kita.
Walaupun kita telah meminta maaf dan orang tersebut sudah memaafkan kita. Maka dari itulah kita harus bisa mengontrol kata-kata yang tidak perlu diucapkan. Karena itulah terdapat pepatah bahwa Bahasa itu lebih tajam dari sebilah pedang. Tanpa mengeluarkan energi kita bisa membuat orang memendam emosi pada kita hanya karena sebuah perkataan yang menurut orang tersebut menyakitkan. Maka dari itu kita bisa menggunakan bahasa dengan sebaik-baiknya.


2. Buatlah karangan singkat mengenai penggunaan Bahasa Indosesia di kalangan masyarakat / keluarga anda.
Bahasa Indonesia dikalangan masyarakat merupakan keperluan berkomunikasi. Dalam kehidupan sehari-hari pasti kita tidak lepas dari kegiatan berkomunikasi. Penggunaan bahasa tergantung pada pergaulan seseorang. Ada pergaulan yang biasa menggunakan bahasa-bahasa yang kasar. Adapula seseorang yang memperhatikan tutur bahasa mereka agar orang tersebut dikatakan sebagai orang terpandang. Penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam lingkup keluarga sebenarnya tidak terlalu terlalu formal penggunaanya. Disebabkan kita lebih cenderung menggunakan bahasa sehari –hari yang lebih santai yang tidak terlalu memperhatikan aturan bahasa Indonesia. Namun hal itu tergantung dari pola hidup tiap-tiap keluarga. Keluarga yang berasal dari kalangan terpandang baik status sosial maupun ekonominya cenderung lebih formal dalam menggunakan bahasa yang sudah dibiasakan oleh keluarga tersebut.

3. Sebutkan kelemahan dan kelebihan bila kita mempelajari Bahasa Indonesia
> Kelebihan mempelajari bahasa Indonesia
  • Kita mampu berbahasa Indonesia dengan baik dan benar
  • Mencerminkan jati diri kita dihadapan seseorang
  • Sebagai bahasa yang semua orang di Indonesia mengerti, jadi kita bisa berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia. Tanpa harus menggunakan bahasa daerah
  • Dengan berbahasa Indonesia yang baik dan benar kita dapat melestarika bahasa Indonesia

 > Kekurangan mempelajari bahasa Indonesia
  • Bahasa Indonesia banyak mempunyai aturan-aturan. baik dalam berbicara maupun penulisan. Misalnya, di dalam Bahasa Indonesia kita mengenal adanya EYD (Ejaan yang Disempurnakan), penulisan kata dan kalimat baku, penggunaan kalimat majemuk, dan sebagainya
  • Bahasa indonesia merupakan bahasa yang terlihat mudah untuk dipelajari namun dalam penerapannya sangat sulit
  • Sulit dipelajari bagi orang asing
  • Banyaknya keragaman bahasa daerah yang lambat laun mempengaruhi dan merubah kemurnian dari bahasa indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar