Sabtu, 07 Juni 2014

Rangkuman dari kelompok 5
MANUSIA DAN PENDERITAAN
Penderitaan berasal dari kata derita yang artinya menanggung atau merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan. Penderitaan itu ada yang fisik dan psikis. Penderitaan fisik dapat dihadapi dengan cara medis untuk mengurangi atau menyembuhkannya. Sedangkan penderita psikis penyembuhannya terletak pada kemampuan penderita menyelesaikan persoalan-persoalan psikis.
Sebab-sebab penderitaan :

Ø  Penderitaan yang timbul karena ulah manusia
Yaitu penderitaan yang menimpa manusia karena perbuatan buruk manusia dapat terjadi dalam hubungan manusia dengan alam sekitarnya. Perbuatan manusia terhadap lingkungan juga menyebabkan penderitaan manusia. Tetapi tekadang manusia itu sendiri tidak menyadarinya/ contoh, kita membuang sampah sembarangan dan menyebabkan banjir.
Pegaruh pendeitaan

Sikap negative : penyesalan karena tidak bahagia. Sikap positif: sikap optimis menghadapi penderitaan hidup, bahwa hidup bukan rangkaian penderitaan , melainkan perjuangan membebaskan membebaskan diri dari penderitaan dan penderitaan itu adalah hanya sebagian dari kehidupan. Sikap positif biasanya kreatif dan tidak mudah menyerah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar