Sabtu, 07 Juni 2014

Rangkuman dari kelompok 1
MANUSIA DAN KEBUDAYAAN
Manusia dan kebudayaan merupakan dua hal yang sangat erat terkait satu sama lainnya.Manusia sebagai makhluk hidup yang diciptakan Tuhan dengan wujud paling sempurna menciptakan kebudayaan mereka sendiri dengan cara masing-masing dan melestarikannya secara turun menurun. Sedangkan budaya sendiri ada karna tercipta dari kegiatan sehari hari dan juga dari kejadian – kejadian yang terjadi dimasa lalu.
 Pengertian Kebudayaan
Kebudayaan adalah sesuatu yang akan memengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak.

Sedangkan perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya, berupa perilaku dan benda-benda yang bersifat nyata, misalnya pola-pola perilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi sosial, religi, seni, dan lain-lain, yang kesemuanya ditujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat.
 Unsur-Unsur Kebudayaan
1.     Kesenian
2.     Sistem teknologi dan peralatan
3.     Sistem organisasi masyarakat
4.     Bahasa
5.     Sistem mata pencaharian hidup dan sistem ekonomi
6.     Sistem pengetahuan
7.     Sistem religi
Komponen Budaya
a.      Kebudayaan material
b.     Kebudayaan nonmaterial
c.      Lembaga social
d.      Sistem kepercayaan
e.     Estetika
f.      Bahasa

Prubahan Kebudayaan
Pada jaman modern seperti ini budaya asli negara kita memang sudah mulai memudar, faktor dari budaya luar memang sangat mempengaruhi pertumbuhan kehidupan di negara kita ini. Contohnya saja anak muda jaman sekarang, mereka sangat antusias dan up to date untuk mengetahui juga mengikuti perkembangan kehidupan budaya luar negeri. Sebenarnya bukan hanya orang-orang tua saja yang harus mengenalkan dan melestarikan kebudayaan asli negara kita tetapi juga para anak muda harus senang dan mencintai kebudayaan asli negara sendiri.
Faktor-faktor yang mendorong dan menghambat perubahan kebudayaan: 
1.Mendorong Perubahan Kebudayaan

2.Menghambat perubahan kebudayaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar