Selasa, 18 Oktober 2016

Tugas kelompok softskill

Arsitektur Telematika

Definisi Arsitektur Telematika
Arsitektur telematika itu sendiri terdiri dari beberapa elemen seperti : arsitektur system pemrosesan, arsitektur telekomunikasi dan jaringan, arsitektur data.
Dari ketiga elemen ini elemen ketiga merupakan elemen yang paling rumit diantara ketiga arsitektur di atas, dan termasuk yang relatif sulit dalam implementasinya, menentukan organisasi data untuk tujuan referensi silang dan penyesuaian ulang, serta untuk penciptaan sumber informasi yang dapat diakses oleh aplikasi bisnis dalam lingkup luas. Arsitektur telematika juga terdapat beberapa model arsitektur seperti : Arsitektur Mainframe, Arsitektur File Sharing, Arsitektur Client/Server.
Arsitektur telematika mengacu pada desain sebuah aplikasi, atau dimana komponen yang membentuk suatu system yang ditempatkan dan bagaimana mereka berkomunikasi sedangkan Manajemen Telematika yaitu arsitektur client-server.

Arsitektur Sisi Client
Client adalah komputer yang umum dikenal sebagai komputer yang meminta layanan dari server.  Komputer client meminta layanan berupa informasi yang disedikan oleh server. Pada browser biasanya permintaan (request) dari client web server melalui html. Client langsung berhubungan dengan user atau disebut dengan front-user. Kumpulan dari komputer client membuat sebuah workstation. Workstation dihubungankan melalui jaringan LAN atau WAN maupun Internet. Karekteristik dari sebuah client adalah :
Mengirimkan permintaa (request) Aktif (meminta layanan) Menunggu dan menerima layanan dari hasil permintaan kepada server.

Karakteristik :
- Memulai terlebih dahulu permintaan ke server.
- Menunggu dan menerima balasan.
- Terhubung ke sejumlah kecil server pada waktu tertentu.
- Berinteraksi langsung dengan pengguna akhir, dengan menggunakan GUI.

Arsitektur Sisi Server
Arsitektur Server Komputer server diartikan sebagai computer yang menyediakan layanan. Workstation Client dapat terhubung hanya satu server(single-server) mau banyak server(multi-server). Single-Server contohnya adalah Server yang menyimpan database sebuah perusahaan jadi single-server hanya terpaku pada satu server yang memiliki tujuan tertentu dimana jaringannya secara administrasi terdaftar pada jaringan local. Sedangan multi-server contohnya adalah website, seorang user menggunakan web browser dapat mengakses beberapa server sekaligus,misalnya saat mengakses sebuah website online shop maka komputer akan terhubungan dengan server pada data center sebuah search engine, diwaktu bersamaan user juga mengakses server online-shop tersebut.
Karakteristik dari Komputer server adalah :Selalu menunggu permintaan dari salah satu klien.Melayani klien permintaan kemudian menjawab dengan data yang diminta ke klien.
Sebuah server dapat berkomunikasi dengan server lain untuk melayani permintaan klien

Karakteristik :
- Menunggu permintaan dari salah satu client.
- Melayani permintaan klien dan menjawab sesuai data yang diminta oleh client.
- Suatu server dapat berkomunikasi dengan server lain untuk melayani permintaan client.
- Jenis-jenisnya : web server, FTP server, database server, E-mail server, file server, print server.



Sumber :

http://justlebay.blogspot.co.id/2014/12/softskill-jurnal-pengantar-telematika-2.html?m=1
http://fendy-studentsite.blogspot.co.id/2011/10/pengantar-telematika.html?m=1


Tidak ada komentar:

Posting Komentar